Tuesday, September 4, 2012

Kebun dengan halaman minimalis

Halaman yang terlalu sempit atau hanya ada got didepan rumah? 
Tidak menjadi masalah bila kita memang mempunyai keinginan untuk menciptakan ruang hijau yang menyejukkan dalam keterbatasan.

Pot/planter box bisa menjadi solusi untuk masalah ini. 
Dari pot plastik yang bisa dibeli dengan harga Rp 3000,- kita sudah bisa memulai mananam. 


Penggunaan pot plastik

Ada berbagai macam bentuk, ukuran, dan warna pot plastik yang bisa menjadi pilihan kita dengan harga yang bervariasi. 

Sumber:  http://tokolestari.multiply.com/photos/album/108/POT-POT-PLASTIK?&show_interstitial=1&u=%2Fphotos%2Falbum#photo=19




Macam tanaman yang ditanam pun lebih banyak. Sebaiknya pilih tanaman yang gampang perawatannya dan mempunyai ketahanan cukup terhadap sinar matahari.

Pengaturan pot bisa mempercantik kebun kecil yang kita miliki. Tanaman yang ditanam pun bisa beragam dari bunga-bunga yang cantik hingga umbi-umbian untuk bumbu masak.

Bagi yang mempunyai area halaman yang lumayan luas, pot kecil-kecil bisa diatur melingkar dengan pusatnya adalah pot yang lebih besar. Tanaman tidak harus sejenis, bermacam-macam jenis tanaman akan terlihat lebih bagus. 

Bagi yang area halamannya lebih sempit pengaturan vertikal akan terlihat lebih menarik dengan menata pot didinding dan ditopang dengan sepotong kayu. 


Penyusunan pot secara vertikal tidak akan memakan halaman yang sekiranya memang sudah sempit dan justru akan mempercantik dinding tersebut. 
Alternatif lainnya adalah dengan meletakkan pot diatas saluran air/got yang ada di depan rumah. Mula-mula letakkan sebatang papan diatas saluran got kemudian atur pot berderet mengikuti alur saluran air tersebut. 
Pilih tanaman yang berbau harum seperti sedap malam, mawar atau melati untuk mengurangi bau tidak sedap yang biasanya muncul dari saluran air tersebut. 

Penggunaan planter box yang disesuaikan dengan saluran air juga diperbolehkan. Tentunya dalam hal ini kitalah yang akan membuat planter box. 
Pertama-tama ukurlah lebar saluran air tersebut. 
Kemudian buatlah planter box dengan ukuran sedikit lebih lebar dari ukuran saluran air tersebut. Setelah jadi,letakkan planter box diatas saluran air tersebut dan tanamilah dengan tanaman yang kita inginkan. 

Planter box diatas saluran air


Berkebun, tidaklah sesusah yang dibayangkan. :)





No comments:

Post a Comment