Tuesday, September 4, 2012

Kebun mengGantung


Sumber:  http://gudang-dagang-q.blogspot.com/2011/01/aneka-pot-tanaman-air-mancur-dan-media.html 


Berbagai pot plastik yang dijual sekarang ini memungkinkan kita untuk menata kebun kita sedemikian rupa sehingga walaupun tidak mempunyai halaman kita bisa tetap menanam. 

Pot gantung cocok digunakan di kos-kosan yang hanya punya teras sebagai halamannya, dengan penataan yang tidak akan mengganggu alur jalan masuk/keluar. 
Pemilihan tanaman juga akan mempengaruhi keindahan kebun kita. Pilihan yang bisa kita ambil adalah jenis tanaman. Tanaman yang tidak memerlukan sinar matahari secara langsung akan menjadi pilihan utama kita yang hanya mempunyai teras sebagai kebun. 
Tanaman merambat yang tumbuh menjuntai kebawah hingga menutupi pot akan menambah kecantikan kebun. 

Inilah beberapa pilihan tanaman yang bisa ditanam di pot gantung:


Aeschynanthus atau bunga lipstik
Senecio macroglosus atau bunga ivy

Chlorophytum atau bunga laba-laba 

Media tanam yang tepat juga harus diperhatikan agar tanaman bisa tumbuh secara maksimal, seperti campuran tanah yang pas, pupuk kandang, kompos, atau pasir dengan perbandingan 2:1:1 supaya tanaman tumbuh subur. Sebaiknya pula pot gantung diberi alas ijuk atau serat sabut agar lebih menyerap air sehingga kelebihan air yang terserap pada alas ijuk atau serabut ini nantinya dapat diserap tanaman bilaterjadi penguapan. Ijuk juga berguna untuk memperlancar sirkulasi udara, sehingga tanah atau media tanam tetap porous. 

Hal cukup mengganggu saat memakai pot gantung adalah tetesan air setelah menyiram. Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa menyiramnya sedikit demi sedikit hingga basah saja dan tidak menetes. Atau menggunakan es batu yang membutuhkan proses pencairan sehingga air tidak akan menetes. 

Bila kita mempunyai cukup waktu kita bisa menurunkan/memindahkan pot saat menyiram. Atau bisa membeli pot gantung yang dilengkapi dengan tatakan air dibawahnya. Cukup simpel khan?






 


No comments:

Post a Comment