Sunday, November 25, 2012

Lidah Buaya: Yuk, kenali dan tanam



Mari mengenal lidah buaya sebagai tanaman yang sudah dikenal luas karena banyak ditanam di rumah-rumah. 

Lidah buaya merupakan tanaman berair. Daunnya yang tebal dan berdaging dapat menampung banyak air, yang membuatnya tahan terhadap kekeringan jangka pendek. Lidah buaya umumnya digemari untuk ditanam di rumah karena getah dan daging daunnya dipercaya dapat digunakan untuk merawat kulit juga rambut. 

Nama latin dari lidah buaya adalah Aloe barbadensis dan dikenal secara umum dengan nama Aloe Vera. Tumbuhan ini hidup denganbebas di daerah panas maupun tropis seperti Indonesia. Sifatnya yang mampu bertahan terhadap kekeringan membuat tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di luar ruangan, tetapi bila terlalu banyak terpapar sinar matahari maka daunnya akan terbakar dan tumbuhan tidak berkembang dengan baik. Ada lebih dari 300 spesies lidah buaya, tapi yang paling sering ditanam di rumah adalah Aloe barbadensis. 

Manfaat lidah buaya

1. Perawatan rambut
Campurkan 1/4 cangkir gel lidah buaya dengan 1/2 jeruk limau dan 5 tetes minyak rambut, untuk membuat rambut lebih berkilau.

2. Menguatkan gigi dan mengatasi bau mulut
Oleskan lidah buaya pada sikat gigi, dan gunakan untuk menyikat gigi yang bersih (yang sebelumnya sudah digosok dengan pasta gigi) maka akan memberikan dua keuntungan untuk gigi, yaitu menguatkan gigi, dan mengatasi masalah bau mulut. Lakukan gosok gigi dengan lidah buaya ini setiap hari jika Anda memiliki nafas tak sedap. 

3. Perawatan kulit dan kuku
* Mengurangi bercak hitam/spot. 
Oleskan lidah buaya pada area yang mengandung bercak, diikuti dengan mengoleskanlemak cokelat (cocoa butter). Lalu, pijat dengan lembut. Lakukan cara ini setiap hari.  
* Menyamarkan stretch marks. 
Lakukan cara yang sama seperti di atas, pada area di mana terdapat stretch marks. Dalam beberapa minggu, stretch marks akan berangsur-angsur hilang. 
* Tergores pisau cukur. 
Lidah buaya juga memiliki kemampuan untuk menenangkan, atau meredakan nyeri. Saat kulit nyeri karena tergores pisau cukur, segera oleskan lidah buaya. 
* Melembabkan dan mengilatkan kuku. 
Jika kuku mulai terlihat kering dan rapuh, oleskan lidah buaya pada permukaan kuku, lalu pijat-pijat secara teratur. Cara ini akan membuat kuku kembali lembab dan mengilat.
* Pelembab. 
Oleskan lidah buaya pada kulit, lalu berikan pijatan agar kulit tetap lembut dan lembab. 

Ayo menanam lidah buaya, banyak khan manfaatnya..
Semoga bermanfaat!


No comments:

Post a Comment