Sunday, November 25, 2012

Menanam Kebutuhan Dapur di Dalam Pot


Menanam kebutuhan dapur di dalam pot ini selain menghijaukan rumah, irit uang belanja khususnya sayuran, juga mengajarkan anak untuk mengenal lingkungan dengan bercocok tanam. 

:)


Apa saja yang bisa ditanam didalam pot?

1. Tomat
Banyak jenis tomat yang bisa kita tanam di pot seperti Cocktailtomaten (berbentuk bola-bola kecil), Fleischtomaten (besar dan berdaging banyak), Eiertomaten (berbentuk seperti telur) dan Gelbetomaten (berwarna kuning).

Tanamlah tomat pada pagi atau sore hari. Bisa membeli benih bijinya ataupun benih yang sudah siap tanam.
Hindarkan tomat dari panas/hujan yang berlebihan.

2. Bawang merah / bawang putih
Menanam bawang merah bisa langsung ditanam begitu saja di pot (sesuai dengan pengalaman saya) dan bisa tumbuh sendiri lho. Mudah banget khan. 

3. Parsley
Parsley bisa ditanam dalam pot dengan merendam terlebih dahulu benihnya selama 1x24jam. Parsley biasanya saya gunakan untuk menambah aroma pada pasta.

4. Empon-empon
Empon-empon seperti jahe, kunyit, kunci, kencur bisa juga ditanam seperti halnya bawang merah. Rata-rata, empon-empon bisa dipanen di usia 10bulan. 


Tips:

1. Gunakan sarung tangan kebun untuk melindungi tangan dari terluka, celemek/baju khusus agar pakaian tidak kotor dan sepatu atau sandal yang nyaman.

2. Libatkan anak-anak untuk menanamnya agar mereka ikut mencintai sayuran dan tertarik untuk memahami bagaimana mereka tumbuh dan dikonsumsi gizinya.

3. Sebaiknya jangan biarkan mereka kekeringan, karena di dalam pot tanaman jadi terbatas sumber airnya.


Referensi: kompasiana
Judul Asli: Menanam Sayur Mayur di Dalam Pot
Penulis: Gaganawati
Link: Menanam sayur mayur di dalam pot

No comments:

Post a Comment